Sejarah Ceria

Berawal dari kegemaran Umay Wafi a.k.a. Nanan Nuraini (Nunuy) untuk berbagi cerita, ilmu, dan informasi, dibentuklah Komunitas Ceri, yaitu Cerita Ibu. Namun, karena namanya kurang catchy, komunitas tersebut berubah nama menjadi Ceria: Cerita Ibu Anak. Pada mulanya, komunitas ini hanyalah sebuah grup Whatsapp yang berisi para ibu yang diajak secara pribadi oleh Nunuy. Setiap hari, Nunuy menulis berbagai ilmu dan informasi seputar pendidikan, pengasuhan, pendidikan anak, dan dongeng. Hingga akhirnya, pada tanggal cantik 11-12-13, Komunitas Ceria secara resmi didirikan.

Dari sekedar sharing info satu arah, dibuatlah berbagai topik harian untuk didiskusikan bersama para ibu. Topik harian tersebut di antaranya cerita pernikahan, suka duka pemberian ASI, menu pertama MPASI, tips menyapih, tips mengatasi tantrum, dan sebagainya. Setiap hari topik ini dibagikan di grup WA dan didiskusikan. Diskusi berjalan santai dan diakhiri dengan kesimpulan atau informasi terkait topik diskusi. Mengingat grup WA tersebut hanya dikelola seorang diri, lambat laun diskusi tidak berjalan efektif. Seiring berjalannya waktu, direkrutlah admin grup yang terdiri dari Diah (admin Twitter), Hajiah (admin Design), Rachmah (Logo Maker), dan admin grup: Dessy, Shahfira, Yosmi, Hani, Astri, Ririn, Hani, Dinar, Ridha, Henny, Badriyah, Henny, Mahardias, Arianti, Dini, Visda, Shelly. (p.s. Mohon maaf jika ada yang terlewat 🙂 )

Komunitas Ceria tumbuh semakin besar dengan dibentuknya pengurus wilayah Bandung yang terdiri dari terdiri dari Mesa, Dessy, Shuffah, Lida, Badriyah dan Ririn. Acara pertama diadakan pada tahun 2014 dengan mengusung tema “Mendongeng itu Mudah” yang diprakarsai oleh Nunuy. Acara tersebut diadakan di rumah Nunuy sendiri yang disusul dengan pembuatan alat peraga dongeng dan membuat bunga dari kain. Selain itu, ada juga seminar di beberapa PAUD dengan tema “Mendidik dengan Cinta”.

Pada tahun 2015, Komunitas Ceria berkolaborasi dengan Familia Kreativa di mana ada Teh Devi yang mengisi Play Time, serta  Hasya dan Astri sebagai pengisi seminar. Kegiatan Kopdar Komunitas Ceria terakhir kali diadakan pada tahun 2016 di rumah Nunuy, sebelum akhirnya ia meninggalkan Bandung untuk melanjutkan studi di Bristol, UK.

Di akhir tahun 2016, Nunuy kembali mengajak para ibu yang bersedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk mengelola Komunitas Ceria. Kini, terbentuklah pengurus ceria yang terdiri dari  Dini, Juhe, Hana, Haptia, Intan, Zanith, Marlitha, Nadia, Neneng, dan Ririn. Di samping itu, ada pula admin grup dan kulwap yang masih bertugas sejak Komunitas Ceria hadir di tahun 2014/2015, seperti Badriyah, Henny, dan Shely.

Semoga Komunitas Ceria dapat menjadi wadah berkumpul dan bersilaturahim para muslimah yang membawa manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Aaamiin.

Salam Ceria,

Nanan Nuraini alias Nunuy alias Umay Wafi.

Untuk sejarah Komunitas Ceria yang lebih lengkap, Anda dapat membacanya di sini.